Minggu, 20 Februari 2011

Ketika Nyeri Haid Menyerangg... Kabbuuuuuurrrr....


Ketika Nyerii Haid Menyerang...!!! Tolloooooooongg....
..Hampir setiap cewe di dunia ini pernah mengalami nyeri haid, atau nyeri menstruasi, atau nyeri datang bulan, atau bahasa kampungnya sumilangeun.. (Tentunya nyeri haid berlaku untuk perempuan yang udah baligh, atau sudah datang bulannya!)
Nyeri haid ini, bisa dateng kapan aja. Bisa langsung terjadi di hari pertama datang bulan atau terkadang menyerang di hari kedua atau ketiga menstruasi.
Dan di saat nyeri haid ini hadir di saat-saat terpenting bagi perempuan setiap bulannya, siksaan akan menerpa tanpa ampun. Hingga dapat  membuat ‘prajurit wanita’ yang terserang guling-gulingan, nungging, nyungsep, nangis, merintih bahkan sampe ada yang jatuh pingsan (ini beneran loh!).
Nyeri haid itu sebenarnya momok yang menyeramkan, karena sekalinya ‘dia’ dateng bisa mengganggu aktifitas dan  membuyarkan konsentrasi.
Nah, mungkin inilah saat yang tepat untuk berbagi ilmu kebidanan gw tentang nyeri haid, hmmm, istilahnya DISMENORHOE.
Berikut ini beberapa pengertian dari Dismenorhoe...
Nyeri haid atau dismenorhoe merupakan nyeri haid yang bersifat cramping (dipuntir-puntir) di perut bagian bawah, punggung bawah bahkan sampai paha yang timbul bersamaan dengan haid, sebelum haid atau bisa juga setelah haid (Suara Merdeka, 2005).
Dismenorhoe adalah nyeri selama menstruasi yang disebabkan oleh kejang otot uterus sampai dapat mengganggu aktifitas sehari-hari yang merupakan suatu gejala dan bukan penyakit (Price, 2006).
Dismenorhoe adalah keluhan yang sering dialami seorang wanita pada bagian perut bawah saat haid yang disebabkan oleh kontraksi otot uterus yang intens saat mengeluarkan darah (Winkjosastro, 2005).
Dismenorhoe primer adalah nyeri haid yang dijumpai tanpa kelainan pada alat-alat genitalia yang nyata (Winkjosastro, 2005).
Dismenorhoe primer atau yang biasa disebut dismenorhoe idiopatik, esensial atau dismenorhoe intrinsik merupakan nyeri haid yang ditemui tanpa adanya kelainan pada alat kandungan atau organ reproduksi (tanpa kelainan ginelogik) yang biasa terjadi pada 12 bulan atau lebih sejak menarche (haid yang pertama kali).
So, ladies.. Dari beberapa pengertian tadi, bisa diambil kesimpulan kalo nyeri haid yang biasa terjadi pada diri kita itu termasuk jenis dismenorhoe primer, yaitu nyari haid yang terjadi karena hal-hal wajar/fisiologis pada saat perempuan menstruasi. Jadi bukan nyeri haid yang disebabkan oleh adanya penyakit dan atau kelainan pada organ reproduksi kita (Dismenorhoe Sekunder).
Tapi, nggak ada salahnnya kok buat di follow up dengan check ke dokter,. Nggak perluu takut, karena dengan pemeriksaan dini maka dapat dilakukan intervensi secepat mungkin dengan benar dan tepat. Hehee,, sok bangett bahasa gw!
Perlu temen-temen ketahui, kalo Dismenorhoe sebenarnya disebabkan oleh kadar hormon prostaglandin yang berlebihan dalam tubuh sehingga menyebabkan kontraksi uterus (rahim) meningkat.
Semua itu bisa dicegah dengan beberapa usaha giat kita,.
Upaya pencegahan terjadinya dismenorhoe primer antara lain:
1.  Selama haid hindari melakukan olah raga berat.
2.  Hindari mengkonsumsi alkohol, kopi, juga coklat. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Jangan juga memakan makanan yang bertemperatur dingin selama masa haid. Misalnya, es krim, sebaiknya menghindari hal tersebut.
3.  Lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah – buahan serta makanan yang berkadar lemak rendah.
4.  Konsumsi vitamin. Vitamin E sebanyak 400 mg dapat mencegah peradangan dan meningkatkan respon kekebalan tubuh. Namun dapat  juga menggunakan vitamin B6 untuk mengurangi penerimaan estrogen. Lebih baiknya minum juga minyak ikan yang bisa mengurangi radang. Selain itu, minyak ikan ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan tidak normalnya jaringan endometrial.
5.  Menjalani pola hidup sehat, seperti menjaga makanan dengan gizi seimbang, olah raga teratur, cukup istirahat, management stres, serta pemeriksaan kesehatan.

Yaaahh,, semoga aja postingan kali ini bisa banyak bermanfaat buat temen-temen pembaca...
Ayyooooo,, kita galakkan hidup sehat... Merdekaaa!!!!

1 komentar: